Naruto VS Sasuke,who is the strongest?

Dampak Globalisasi dari berbagai bidang

Posted by : Unknown


Dampak Globalisasi dari berbagai bidang

A.   Dampak Positif Globalisasi
1.Bidang Politik
Globalisasi yang berkembang saat ini, telah merambah dalam segala aspek kehidupan manusia. Globalisasi memberikan dampak pada mulanya dimiliki secara penuh oleh suatu Negara. Akan tetapi, secara berangsur-angsur kedaulatan Negara itu mengalami penyesuaian dengan kepentingan global. Politik dan pemerintahan merupakan hak kedaulatan setiap Negara, akan tetapi dalam penyelenggaraan pemerintahannya Negara-negara lain menuntut adanya sikap keterbukaan, demokratis, dan menghormati hak-hak asasi manusia. Jika pemerintahan dijalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.
Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi. Meningkatnya Hubungan Diplomatik Antar Negara, lembaga negara tingkatannya menjadi sederajat, kerjasama antar negara jadi lebih cepat dan mudah,  meningkatnya ketahanan politik, transparansi, akuntabilitas dan professional dalam penyelenggaraan Negara semakin dapat sorotan publik, semakin banyaknya lahir partai politik, LSM sebagai sponsor atau penyaluran aspirasi rakyat.

2. Bidang Ekonomi
Terbukanya pasar internasional, kesempatan kerja lebih terbuka, dan devisa Negara meningkat. Dengan demikian, hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian bangsa dan negara. Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi antara lain :
1.      Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, hal ini membuka kesempatan bagi para pengusaha untuk melahirkan produk-produk berkualitas, kreatif, dan dibutuhkan oleh pasar dunia
2.      Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal dan menambah lapangan kerja
3.      Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat
4.      Leberalisasi perdagangan barang, jasa layanan, dan komodit lainnya memberi peluang untuk ikut bersaing merebut pasar perdagangan internasional


3. Bidang Sosial Budaya
·      Dapat meniru gaya hidup orang Barat dalam kedisiplinan, bekerja lebih efektif dan efisien, menghargai waktu
·      Meningkatkan pemelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.
·      Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.
4. Bidang IPTEK
Dampak positif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang :
1.      Bidang Informasi dan komunikasi
a.    Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di                         bumi bagian manapun melalui internet
b.    Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c.    Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah
2.     Bidang Ekonomi dan Industri
a.     Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.     Terjadinya industrialisasi
c.     Produktifitas dunia industri semakin meningkat

B.   Dampak Negatif Globalisasi

1.    Bidang Politik
setelah adanya globalisasi pemerintahan setiap Negara di dunia yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang. Hal ini, dikarenakan adanya aturan-aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga-lembaga global misalnya PBB dan WTO. Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya yang baru dari dunia luar memberi perubahan bidang politik dalam suatu Negara.Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu, kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas Timbulnya fanatisme rasial, etnis dan agama dalam forum dan organisasi.
Dengan masuknya nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung memberikan inspirasi timbulnya unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum. Ini memungkinkan berkembangnya paham liberalisme, terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan, adanya konspirasi internasiona.


2.  Bidang Ekonomi

Terhapusnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar negeri yang beredar. Dampak negatif globalisasi juga menyebabkan kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin karena adanya persaingan bebas. Dan selain itu dampak negatif lainnya adalah terbentuknya sikap individualism yang menimbulkan rasa tidak peduli kepada sesama bahkan terhadap bangsa.

3.  Bidang Sosial Budaya

·         Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.
·         Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal
·         Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang

4.  Bidang IPTEK

·         Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
·         Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
·         Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
·         Teknologi sekarang dikuasai oleh kapitalis international, jadi bangsa kita tidak mampu bersaing dan hanya jadi konsumen.

·         Tidak terkontrol nya penggunaan teknologi yang mengakibatkan manusia menjadi malas untuk melakukan
 sesuatu
Rabu, 09 Januari 2013

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Featured Posts

Copyright © 2012 Deny Phantom | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ